Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bob Sadino Dukung SMK Lahirkan Wirausahawan

Kompas.com - 22/11/2008, 16:41 WIB

JAKARTA, SABTU - Pengusaha Bob Sadino siap mendukung program pemerintah  untuk memperbanyak wirausahawan dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Bob mengatakan guru SMK harus bisa membimbing siswa ke lapangan. "Guru tidak boleh sekadar mengajarkan teori. Guru-gurunya harus dibuka dulu mindset-nya. Harus ada shock therapy agar guru tak sebatas mengajar, tapi terjun langsung membimbing, mengarahkan, dan bisa membuat siswa mandiri," kata Bob yang selalu mengenakan celana pendek jins dan kemeja lengan pendek dengan ujung lengan tidak dijahit.

Bob mengaku memulai usaha dengan serangkaian kegagalan demi kegagalan hingga akhirnya meraih sukses dengan bisnis supermarket dan apartemen. Pemilik Kem Chicks supermarket ini juga pernah jadi sopir taksi dan karyawan Unilever.

Menurut Bob, pendidikan di SMK harus bertumpu kepada tiga pilar belajar untuk tahu, belajar untuk melakukan sesuatu dan melakukan bersama masyarakat, serta belajar untuk menjadi.

"Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia lakukan. Kelemahan banyak orang, terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah," kata Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com