Angka Pengangguran Diperkirakan Naik Lagi - Kompas.com

Angka Pengangguran Diperkirakan Naik Lagi

Kompas.com - 03/05/2009, 14:11 WIB

NUSA DUA, KOMPAS.com — Pemerintah memperkirakan angka pengangguran pada tahun 2009 akan naik. Karena itu, angka pengangguran akan direvisi menjadi 8,3 atau 8,4 persen pada tahun ini. Sebelumnya, pemerintah menargetkan penurunan angka pengangguran tahun ini mencapai 7-8 persen.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Kemiskinan dan Ketenagakerjaan Bappenas Prasetijono Widjojo di sela Sidang Tahunan Asian Development Bank (ADB) ke-42 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali.

"Pengangguran tahun ini kemungkinan di atas 8 persen. Kemarin kita menargetkan penurunan angka pengangguran di level 7-8 persen, tetapi kemungkinan akan di atas itu, sekitar 8,3-8,4 persen," kata Prasetijono, Minggu (3/5).

Kenaikan target angka pengangguran ini, lanjutnya, menggunakan asumsi adanya angkatan kerja yang tidak terserap dan angkatan pekerja yang terkena PHK.

Ia mengakui, seharusnya angka pengangguran dapat ditekan dengan adanya stimulus infrastruktur yang dikucurkan pemerintah. Namun, stimulus tersebut tidak akan berpengaruh bagi pengurangan angka pengangguran bila pengucurannya lambat.

"Angka kemiskinan di atas 8 persen itu diestimasikan tanpa memasukkan stimulus infrastruktur. Seharusnya dengan adanya stimulus pengangguran bisa ditekan, itu pun kalau stimulusnya tetap direalisasikan. Tetapi kalau lambat itu tidak akan berpengaruh," paparnya.

Editor
Close Ads X