Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Pindad Ekspor demi Kelangsungan Hidup

Kompas.com - 01/09/2009, 12:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Pindad (Persero) Adik Avianto Soedarsono mengatakan, pihaknya melakukan ekspor produk persenjataan guna kelangsungan hidup. "Dengan ekspor, ada kesempatan melakukan modernisasi alat-alat yang sudah berusia 26 tahun, juga meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Adik kepada para wartawan, Selasa (1/9) di Departemen Pertahanan RI, Jakarta.

PT Pindad sendiri telah melakukan ekspor selama 10 tahun belakangan ini. Adik mengakui adanya keuntungan yang cukup dari transaksi jual-beli senjata tersebut. Nilai transaksi penjualan senjata kepada Filipina dan Mali baru-baru ini dapat mencapai Rp 1 miliar. Itu pun masih produk contoh.

Diharapkan, setelah produk tersebut digunakan, akan ada pesanan susulan dari negara tersebut. Selama ini pelanggan tetap PT Pindad di Indonesia hanyalah Mabes TNI dan Mabes Polri. Dengan demikian, pembelian dalam negeri tergolong sepi. Padahal, selama tidak ada pesanan senjata, mesin produksi yang menganggur harus tetap dirawat.

"Mesin kami tidak bisa dipakai membuat produk lain, seperti televisi. Akibatnya, ada kapasitas menganggur yang bisa merugikan perusahaan miliaran rupiah," kata Adik dalam sebuah kesempatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com