Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WBL dan Pantai Delegan Ramai Pengunjung

Kompas.com - 27/09/2009, 18:28 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Wisata Bahari Lamongan, Maharani Zoo dan Gua Lamongan di Paciran Kabupaten Lamongan dan Wisata Segoro Indah Delegan di Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, di akhir liburan Lebaran ini dipadati pengunjung. Selama lebaran kunjungan ke obyek wisata tersebut juga meningkat.

Kepala Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Muzaroddin, Minggu (27/9) menuturkan selama lebaran jumlah pengunjung rata-rata mencapai 3.500-5.000 orang per hari. Pada Sabtu lalu tercatat 4.700-an pengunjung sedang Minggu (27/9) diperkirakan mencapai 10.000 pengunjung.

"Minggu puncak pengunjung karena akhir liburan. Selain itu digelar parade band kawasan pesisir bersamaan dengan kupatan. Warga Delegan membawa ketupat ke masjid selain ada yang dilarung ke laut," katanya.

Muzaroddin menjelaskan Wisata Segoro Indah Delegan (WISID) saat ini dikelola desa mampu menyumbang pendapatan asli desa Rp 400 juta per tahun. Jumlah pengunjung selama 2008 mencapai 47.000 orang. Tahun baru 2009 saja ada sekitar 10.000 pengunjung. WISID m enjadi tempat kunjungan wisata alternatif, apalagi berada pada jalur wisata Ziarah Wali mulai dari Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Sunan Drajat di Lamongan dan Sunan Bonang di Tuban.

Pengunjung WISID berasal dari Gresik, Lamongan, Sidoarjo, Surabaya dan kota lainnya. Tiketnya Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak menjadi pilihan masyarakat yang ingin menikmati pantai dan pasir putih. Pengunjung juga bisa menyewa ban untuk berenang Rp 3.000-Rp 5.000 sepuasnya tidak dibatasi waktu.

Mengantisipasi ramainya pengunjung lapangan Delegan dan sebuah halaman sekolah dijadikan area parkir dengan tarif Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 3.000 untuk mobil pribadi dan Rp 5.000 untuk truk dan bus. "Selama lebaran dikerahkan 115 personil untuk petug as pengamanan dan pelayanan, belum termasuk dari polisi. Petugas menerima uang lelah Rp 50.000 per hari," ujarnya.

Membludaknya pengunjung WISID terlihat dari lapangan dan halaman sekolah yang berjarak sekitar 200 meter dari pantai dipenuhi parkir mobil dan sepeda motor dengan plrat nomor berbagai kota mulai Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro Surabaya, hingga Jakarta .     

Ramainya pengunjung ditambah memilih WISID sebagai wisata murah meriah dengan tiket cukup Rp 5.000 per orang. Menurut petugas tiket Andi Ardianto pada hari libur Minggu biasa, pengunjung paling banyak mencapai 1.000 orang, namun sejak lebaran, bisa men capai 7.000 orang. Ramainya pengunjung juga menjadi berkah bagi pemilik ban-ban yang disewakan untuk renang. Paling tidak satu pemilik ban rental bisa menyewakan sedikitnya 30 ban per hari.

Terpisah pengunjung Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Maharani Gua dan Zoo Lamongan (Mazoola) selama Lebaran juga ramai. Kepala Humas PT Bumi Lamongan Sejati yang mengelola WBL, Mazoola dan Tanjung Kodok Beach Resort Endang A Shobirin menyatakan pengunjung rata-rata per hari mencapai 5.000 sampai 7.000 orang. "Pengunjung terlihat ramai pada Senin sampai Rabu lalu, menurun pada Kamis dan Jumat, lalu melonjak lagi pada Sabtu dan Minggu ini," kata Endang.

Agar tidak terjadi konsentrasi pengunjung pada satu wahana maka pengelola WBL dan Mazoola menambah wahana yang menarik. Selain dunia fantasi pengunjung bisa menikmati wahana bermain dan ketangkasan pemacu adrenalin. Flying fox di atas laut dan mouse coust er dan tikus meluncur menjadi salah satu wahana favorit selain film tiga dimensi.

Menurut Endang untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung pada setiap gerbang pintu masuk wahana dipasangi CCTV. Pengunjung diperiksa menggunakan metal detector dan ada petugas sekuriti yang memeriksa tas atau bawaan pengunjung. Selama libur Lebaran dibuka 15 loket di tiga titik dari sebelumnya hanya empat loket. Ini untuk mengurai antrean pengunjung dan memberi kenyamanan, kata Endang.

Berdasarkan data kunjungan wisata ke WBL dan Mazoola tahun 2008 lalu tercatat 241.946 pengunjung ke Mazoola dan 1.256.185 (WBL). Puncak kunjungan pada musim liburan sekolah bulan Juni mencapai 36.984 (Mazoola) dan 398.966 (WBL) dan liburan lebaran bulan O ktober mencapai 69.008 (Mazoola) dan 106.875 (WBL).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com