Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shell Ikut Naikkan Harga

Kompas.com - 02/11/2009, 08:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) menaikkan harga BBM nonsubsidi, yakni Pertamax, Pertamax Plus, Bio Pertamax, dan Pertamax Dex. Rata-rata kenaikan harga BBM bersubsidi Pertamina mencapai Rp 100 per liternya. Namun, ada beberapa yang kenaikannya mencapai Rp 400 per liter. Kenaikan tersebut terhitung mulai dari 1 November 2009 pukul 00.00. Alasan pertamina menaikkan harga BBM bersubsidi untuk menyesuaikan dengan perkembangan MOPS yang naik sebesar 7,7 persen-10,1 persen dan menguatnya kurs tengah BI sebesar 1,77 persen. Selain itu, juga pertimbangan perkembangan pasar.

Mengikuti harga Pertamina, PT Shell Indonesia juga ikut menyesuaikan harga BBM nonsubsidi. Menurut Fathiya, jubir Shell, kenaikan ini untuk mengikuti harga kenaikan MOPS. Namun, berbeda dengan Pertamina yang menaikkan harga rata-rata Rp 100 per liter, Shell menaikkan harga rata-rata Rp 95 per liter.

Sementara itu, Petronas belum menentukan apakah akan mengikuti harga jual BBM nonsubsidi seperti Pertamina. Menurut Jino, jubir Petronas, hingga saat ini belum menentukan apakah akan menaikkan harga atau tidak. "Mungkin besok pagi akan ada pemberitahuannya," ujar Jino. (Fitri Nur Arifenie/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com