Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Jepang Siap Bantu JAL

Kompas.com - 13/11/2009, 06:06 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang tengah merampungkan rencana penyelamatan perusahaan penerbangan Japan Airlines Corp yang bangkrut. JAL diperkirakan akan mendapat pinjaman dari pemerintah dan pengurangan beban pembiayaan pensiun.

Menteri Keuangan Jepang Hirohisa Fujii di Tokyo, Kamis (12/11), memberikan sinyal bahwa langkah-langkah penyelamatan pemerintah dapat diketahui secara lebih detail lagi saat JAL memberikan laporan keuangan periode semester pertama hari ini, Jumat.

Pernyataan Menteri Keuangan Jepang ini muncul menyusul laporan media setempat pada awal pekan bahwa pemerintah akan menyelesaikan rencana penyelamatan JAL, korban krisis yang menurunkan jumlah penumpang.

Nikkei melaporkan, salah seorang pejabat dari Departemen Keuangan menyatakan bahwa Presiden JAL Haruka Nishimatsu akan mundur dari jabatannya awal tahun depan karena kinerja perusahaan yang buruk.

Tidak dapat gaji

Dalam keterangan terpisah, Menteri Transportasi Seiji Maehara mengatakan, tim yang menyusun langkah penyelamatan itu memfokuskan perhatian pada dua isu.

Pertama adalah bagaimana pemerintah dapat membantu JAL mendapatkan pinjaman agar terus beroperasi ketika restrukturisasi dijalankan. Kedua adalah apakah pemerintah akan mengurangi dana bagi para pensiunan JAL.

JAL mengatakan, 70 eksekutifnya tidak akan mendapat gaji pada Desember karena perusahaan tengah berjuang mempertahankan hidupnya.

JAL juga akan memangkas bonus akhir tahun bagi 17.000 pegawai noneksekutif. ”Karena kami meminta dana publik, kami juga harus merampingkan biaya,” ujar juru bicara JAL. (AP/AFP/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com