Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Manusia Terkaya di Hongkong

Kompas.com - 05/02/2010, 09:20 WIB

HONGKONG, KOMPAS.com -  Majalah Forbes kembali memperbarui survei mereka mengenai orang terkaya di Hongkong. Majalah Forbes Asia melaporkan Li Ka-Shing yang juga Chairman Cheung Kong Holding Ltd sebagai orang terkaya dengan kekayaan 21,3 miliar dollar AS.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, artinya kekayaan Li Ka-Shing mengalami lonjakan hebat. Forbes mencatat, sepanjang tahun lalu kekayaan Li Ka-Shing naik sebesar 5 miliar dollar AS.

Forbes juga menyebutkan, total kekayaan 40 orang terkaya di Hongkong tahun 2009 lalu membengkak dan telah mencapai 135 miliar dollar AS atau naik sekitar 82 miliar dollar AS dari tahun lalu. Forbes tak mencatat satu pun dari 40 orang terkaya itu yang mengalami penyusutan kekayaan.

Sebagian besar lonjakan kekayaan 40 orang tajir di Hongkong itu, antara lain, karena menggelembungnya investasi properti mereka di China.

Adapun delapan orang kaya baru yang masuk 40 besar orang kaya Hongkong antara lain Allan Wong, salah seorang pendiri Vtech Holdings Ltd, pembuat telepon cordless dan mainan pendidikan elektronik. Lalu, Tang Chien Hsiang yang merupakan ayah Hongkong Chief Secretary for Administration Henry Tang Ying Yen. Juga Harindarpal Banga, Wakil Chairman Noble Group Ltd. (Syamsul Ashar/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com