Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Tehbotol Sosro Meninggal Dunia

Kompas.com - 11/03/2010, 21:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendiri PT Sinar Sosro, Soetjipto Sosrodjojo, meninggal dunia pada usia 77 tahun di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, pada Rabu (10/3/2010) pukul 01.15.

Jenazah saat ini disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto. Pendiri perusahaan yang terkenal sebagai produsen Tehbotol Sosro ini akan dikebumikan pada Jumat (12/3/2010) di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Nama Sosro yang diambil dari nama keluarga pendirinya, Sosrodojo, merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan di Indonesia.

Seperti dikutip di situsnya, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya tahun
1940 di Slawi, Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya, produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dengan daerah penyebaran masih di seputar wilayah Jawa Tengah.

Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibu kota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah.

Pada tahun 1969, muncul gagasan untuk menjual teh siap minum dalam kemasan botol. Pada tahun 1974, PT SINAR SOSRO didirikan. Pabrik ini merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di dunia.

Sejak 27 November 2004, PT Sinar Sosro dan PT Gunung Slamat bergabung dalam perusahaan induk yakni PT Anggada Putra Rekso Mulia alias Grup Rekso, yang beberapa waktu lalu mengakuisisi McDonald dari kepemilikan Bambang Rachmadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com