Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Lebih Cepat Kabarkan Gangguan

Kompas.com - 09/08/2010, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) Distribusi Jaya dan Tangerang meluncurkan layanan terbarunya, Kartu Quick Response PLN di Hotel Four Season, Senin (9/8/2010). Layanan yang disebut Kartu KiAR PLN ini memungkinkan pelanggan menerima informasi apapun dari PLN dengan sangat cepat.

"Pelanggan bisa mendapatkan feedback atau balasan SMS langsung dari petugas mengenai kecepatan respon dan ketepatan pelayanan petugas kami di lapangan maupun di tempat pelayanan atau gerai-gerai PLN," ungkap GM PLN Disjaya Purnomo Willy dalam acara peluncuran.

Dengan kartu ini, Purnomo mengatakan pelanggan dapat memperoleh informasi gangguan dan layanan pengaduan listrik 24 jam, informasi tagihan, biaya ubah daya dan tarif listrik serta foto kWh meter dan Smart Invoice.

Pelanggan dapat memperoleh kartu ini di gerai-gerai PLN terdekat dengan gratis. Setelah itu, pelanggan harus mengunduh dan meng-install pembaca kode bar di website PLN Disjaya melalui ponsel.

"Tentu saja, layanan ini baru bisa dilakukan oleh pelanggan dengan ponsel yang memiliki fasilitas internet dan GPRS," tambahnya.

Pasalnya, cara mengakses KiAR hanya bisa dilakukan dengan memotret kode bar yang ada di kartu atau mengirim pesan singkat ke 8123 dengan mengetik kiar (spasi) nomor kartu atau nomor ID pelanggan. Pelanggan akan menerima balasan pesan singkat, mengunduh pesan tersebut dan layanan KiAR akan terbuka secara otomatis di ponsel.

"Ke depannya, kami akan mengumpulkan nomor-nomor ponsel pelanggan untuk bisa memberikan informasi dengan segera jika terjadi pemadaman listrik atau gangguan instalasi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com