Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Sore Turun 10 Poin

Kompas.com - 18/10/2010, 15:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin sore, turun 10 poin menjadi Rp 8.930-Rp 8.940 per dollar karena aksi lepas rupiah oleh pelaku pasar uang terus terjadi.

Dirut PT Finan Corpindo Nusa, Edwin Sinaga di Jakarta, mengatakan, rupiah makin terkoreksi karena pasar regional melemah, setelah Morgan Stanley menyatakan bahwa emerging market mulai jenuh. "Investor asing yang menempatkan dananya di emerging market sebesar enam persen turun kini menjadi empat persen," katanya.      Menurut dia, pelaku asing hati-hati untuk bermain di pasar saham maupun uang, sehingga kedua pasar itu agak lesu yang menekan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rupiah sehingga melemah. "Namun kelesuan itu diperkirakan tidak akan berlangsung lama karena minat pelaku asing bermain dinilai masih tinggi," katanya.

Ia mengatakan, berkurangnya pelaku asing bermain di pasar belum menekan rupiah merosot tajam, hanya 10 poin yang diperkirakan pada Selasa besok (19/10/2010) akan kembali menguat. "Kami optimistis rupiah masih dapat kembali menguat, karena faktor fundamental Indnesia yang makin kuat dan dukungan dari eksternal yang kembali positif," katanya.      Menurut Edwin Sinaga, posisi rupiah saat ini dinilai masih bagus tidak perlu dikhawatirkan yang penting tidak lari atau bergerak suatu saat turun dan suatu saat naik. "Apalagi Bank Indonesia (BI) masih berada di pasar menjaga pergerakan rupiah agar tidak melebar," katanya.

Edwin Sinaga mengatakan, Indonesia masih merupakan pasar yang memberikan keuntungan lebih baik, karena itu  pelaku asing masih tetap bermain di pasar domestik. "Kami memperkirakan peluang rupiah untuk naik lagi masih cukup besar, yang didukung dengan masuknya kembali pelaku asing ke pasar," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com