Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernanke: Pengangguran AS Berefek Panjang

Kompas.com - 01/12/2010, 11:02 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Ketua Federal Reserve Ben Bernanke pada Selasa (30/11/2010) memperingatkan tingginya tingkat pengangguran AS saat ini bisa menjadi berurat akar dan memiliki efek sangat jangka panjang pada ekonomi Amerika Serikat.

Dia menggambarkan, penciptaan lapangan kerja sebagai mungkin merupakan masalah ekonomi yang paling penting dihadapi Amerika Serikat saat ini. Bernanke memperingatkan mengenai risiko pengangguran jangka panjang itu dalam debat di Ohio.

"Dengan hampir 40 persen tenaga kerja AS menganggur selama lebih dari enam bulan, ini sangat tidak biasa dan sangat mengkhawatirkan," kata Bernanke, memperingatkan bahwa pekerja bisa menjadi terpisah dari tenaga kerja dan keterampilan bisa terkikis dari waktu ke waktu. "Ini bisa memiliki efek yang sangat panjang terhadap upah orang, kepada mereka yang mempekerjakan," kata Bernanke.

Dia menambahkan, perekonomian terbesar di dunia itu tidak tumbuh cukup cepat untuk menangani masalah itu.

The Fed telah memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto akan mencapai 2,4-2,5 persen tahun ini. Tingkat pengangguran masih terjebak di 9,6 persen pada Oktober untuk tiga bulan berturut-turut.

Berminggu-minggu setelah Fed mengumumkan langkah kontroversial untuk mencetak 600 miliar dollar AS dengan harapan memperkuat perekonomian, Bernanke mengatakan, keyakinan perlu ditingkatkan dan pengangguran harus dikurangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com