Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Minta Tambahan BBM 1,87 Juta KL

Kompas.com - 09/12/2010, 15:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara resmi mengajukan penambahan kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi untuk tahun 2010 sebesar 1,87 juta kiloliter (kl). Penambahan ini karena, kuota yang ada sekarang sudah menipis. Jika tidak ada penambahan, dipastikan bakal terjadi kelangkaan BBM bersubsidi.

Menteri ESDM Darwin Zahedi Saleh menjelaskan, realisasi BBM bersubsidi sampai akhir Desember nanti sebesar 38,38 juta kl. Jumlah ini lebih besar dari kuota BBM subsidi tahun ini yang hanya 36,5 juta kl. Penyebab lonjakan tersebut karena pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari asumsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. "Pertumbuhan ekonomi mencapai 5,9 persen, sementara asumsi pemerintah hanya 5,8 persen," ujar ujar Darwin dalam rapat kerja Kementrian ESDM dan Komisi VII, Kamis (9/12/2010).

Darwin bilang, rata-rata konsumsi premium per bulan sekitar 200.000 Kilo liter. Untuk bulan Desember 2010, konsumsi diperkirakan sebesar 220.000 kl. Sebab, akhir tahun ada liburan Natal dan menjelang perayaan Tahun Baru, sehingga akan meningkatkan konsumsi premium. (Epung Saepudin/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com