Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Minta Agus dan Hatta Ikut Rapat

Kompas.com - 09/12/2010, 22:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi VII DPR RI memutuskan rapat pembahasan pembatasan BBM Bersubsidi 2010 akan dilakukan pada Senin pekan depan.

"Kami juga mengundang Menteri Keuangan dan Menteri Perekonomian untuk hadir dalam rapat pembahasan Senin nanti," kata Ketua Komisi VII Teuku Riefky Hasan seusai rapat kerja dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis (9/12/2010).

Perlunya kedua menteri tersebut hadir dalam rapat lantaran Komisi VII menilai bahwa masalah BBM bersubsidi tidak hanya dilihat dari sektor ESDM semata.

"Kita butuh pemerintah dalam posisi yang lebih luas lagi. Misalnya, menyangkut industri kendaraan bermotor, transportasi alternatif, persoalan pajak, dan lainnya," tutur Rifky.

Menurutnya, DPR belum bisa mengemukakan sikap soal rencana pemerintah menyangkut pembatasan BBM tahun depan. Pasalnya, kata Riefky, pemerintah belum mengajukan secara resmi usulan tersebut.

"Kami kan baru dengar dari media saja, termasuk opsi soal pembatasan. Senin, mereka berikan presentasi mekanisme dan usulannya seperti apa. Nanti akan ada kritik dan saran dari kami. Kita lihat, apakah bisa disepakati nanti, atau mungkin butuh waktu perbaikan. Setelah itu baru bisa ditentukan kapan bisa diterapkan. Apakah bisa Januari atau tidak? Artinya, kita ingin konsep ataupun waktu pelaksanaannya realistis," beber Rifky.

Menanggapi apakah pembatasan tersebut realistis dilakukan pada awal Januari, Riefky juga belum bisa berkomentar. "Kita tahu realistis atau enggak dari programnya seperti apa. Semua bergantung pada kesiapan mereka. Misalnya, jumlah dispensernya. Jadi ini masih relatif," tandas Riefky. (Kontan/Astri Karina Bangun)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com