Harga BBG Naik - Kompas.com
Kompas.com - 10/01/2011, 18:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menaikkan harga bahan bakar gas atau BBG di tingkat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dari sebelumnya Rp 2.562 per liter setara premium atau LSP menjadi Rp 3.100 per LSP terhitung mulai 10 Januari 2011.

Vice President Komunikasi Korporat PT Pertamina Mochamad Harun Senin (10/1), di Jakarta, dalam siaran pers, menjelaskan, selama ini harga jual BBG Pertamina masih berada di bawah harga pasar. Hal itu bisa terlihat dari pemain lain yang menjual BBG dengan harga jauh lebih tinggi. Padahal, sebagai bahan bakar yang tidak disubsidi, BBG sudah selayaknya di jual sesuai harga keekonomian.

Sebelumnya harga jual BBG Pertamina sebesar Rp 2.562 per LSP mengacu pada Surat Menneg BUMN No. S-248/MBU/2006 tanggal 26 Juni 2006. Padahal pemain lain di sektor yang sama sudah mematok harga hingga Rp 3.600 per LSP. Karena itu, Pertamina tidak bisa melakukan investasi besar untuk merevitalisasi SPBG kami. Padahal kami juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, ujarnya.  

Karena itu, dampak penyesuaian harga ini akan kembali dinikmati konsumen dalam bentuk peningkatan pelayanan, terutama revitalisasi SPBG-SPBG Pertamina. Revitalisasi ini penting mengingat salah satu pengguna BBG terbesar adalah kendaraan TransJakarta yang berukuran besar sehingga butuh desain dan luas SPBG yang memadai.

Saat ini ada 6 SPBG Pertamina yang beroperasi, dan rencananya kita akan r evitalisasi 8 SPBG. Dengan revitalisasi tersebut, diharapkan Pertamina bisa melayani konsumen di lebih banyak titik dengan pelayanan yang lebih memuaskan, ujarnya.

Dengan pelayanan lebih baik, kehadiran BBG juga bisa menjadi bahan bakar alternatif bagi masyarakat selain bahan bakar minyak (BBM). Kondisi ini membuat masyarakat memiliki pilihan dalam memenuhi kebutuhan bahan bakarnya, sehingga tidak terpaku pada BBM.  

Selain BBG, Pertamina juga menyediakan produk bahan bakar gas lainnya yang merupakan produk turunan dari LPG, yaitu Liquefied Gas for Vehicle (LGV) dengan merek Vi-Gas. Vi-Gas sangat cocok digunakan untuk kendaraan kecil baik kendaraan umum ataupun pribadi. Hasil penelitian juga membuktikan penggunaan Vi-Gas lebih hemat dari penggunaan BBM. Saat ini Vi-Gas dijual di delapan SPBU COCO Pertamina dengan harga Rp 3.600 per LSP.   

 

 

EditorR Adhi KSP