Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Melorot di Bawah 100 Dollar

Kompas.com - 06/05/2011, 08:01 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Kontrak harga minyak jatuh ke bawah level 100 dollar AS per barrel. Penyebabnya, harga komoditas mengalami penurunan terbesar dalam dua tahun terakhir akibat kecemasan bahwa pertumbuhan ekonomi AS akan melambat dan dollar menguat atas euro.

Harga minyak anjlok 8,6 persen setelah Departemen Tenaga Kerja merilis data bahwa aplikasi pengajuan klaim pengangguran di AS naik ke level tertinggi sejak Agustus.

"Kita banyak mendapat sentimen negatif saat ini. Pada saat European Bank Central menaikkan suku bunga acuan dan dollar melemah, penurunan harga komoditas akan terus terjadi," kata Peter Beutel, President of Trading Advisory Company Cameron Hanover Inc, di New Canaan, Connecticut.

Catatan saja, kontrak harga minyak untuk pengantaran Juni di New York Mercantile Exchange turun 9,44 dollar AS menjadi 99,80 dollar AS per barrel. Ini merupakan penurunan terbesar sejak 16 Maret lalu.

Berdasarkan analisis teknikal Again Capital LLC, harga minyak kemungkinan akan turun ke posisi 98 dollar AS per barrel setelah menembus level support teknikal dan akan berada di level harga rata-rata 30 hari untuk pertama kali sejak Februari. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com