Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Mogok Garuda Sesuai Jadwal

Kompas.com - 26/07/2011, 16:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga Selasa sore ini, belum ada perdamaian antara manajemen Garuda Indonesia dan Asosiasi Pilot Garuda (APG). Dengan demikian, aksi mogok pilot Garuda direncanakan sesuai jadwal pada Kamis (28/7/2011).

Demikian dikatakan Presiden APG Indonesia Stephanus, Selasa (26/7/2011), saat dihubungi. Pertemuan terakhir dengan manajemen pada Senin malam tak berbuahkan kesepakatan, terutama karena pada pertemuan itu ada indikasi adu domba dan tak mengacu dengan kesepakatan sebelumnya, kata dia. Selasa siang di Kebon Sirih, Jakarta, enam pilot senior Garuda pun menggelar jumpa pers. Kami mengimbau kawan-kawan di APG untuk duduk bersama-sama dengan manajemen dan tidak menggelar aksi mogok, kata Manotar Napitupulu, mantan Presiden Federasi Pilot Indonesia.

Namun, anggota APG, Isays Sampesule, mengatakan, pernyataan para pilot senior Garuda itu hanya pernyataan pribadi. Itu bukan pernyataan resmi dari APG. Mereka juga ada yang pernah menjabat di struktural manajemen, kata dia

Mogok Makin Berat

Pekan lalu, Capt Stephanus menjelaskan, pemogokan terbang akan berlangsung mulai pukul 00.00 hingga 23.59. Dan, tidak ada penerbangan Garuda untuk rute domestik ataupun internasional yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta (outbound). Namun, untuk penerbangan Garuda menuju Soekarno-Hatta tetap ada (inbound).

Namun, Isays meluruskan pendapat Capt Sthephanus dengan mengatakan, seluruh penerbangan domestik akan dihentikan. Hanya penerbangan inbound ke Soekarno-Hatta yang dijalankan dengan alasan imigrasi.

Dari situs Garuda, diketahui saat ini Garuda menerbangi sejumlah rute penerbangan internasional, seperti ke Bangkok, Hongkong, Kuala Lumpur, Singapore, Tokyo, Nagoya, Osaka, Seoul, Guangzhou (Canton), Beijing, Shanghai, Melbourne, Perth, Sydney, Jeddah, Riyadh, Dammam, Dubai, dan Amsterdam.

Sementara itu, rute domestik, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam, Padang, Palembang, Pangkalpinang, Bandar Lampung, Jambi, Jakarta, Jogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Ampenan, Makassar, Manado, Palangkaraya, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Kupang, Kendari, Biak, Jayapura, Timika, Ambon, Ternate, dan Palu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com