Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Kembali Cetak Rekor Tertinggi

Kompas.com - 03/08/2011, 07:57 WIB

SEATTLE, KOMPAS.com — Harga emas di Amerika Serikat pada Selasa waktu setempat kembali ditransaksikan pada harga tertinggi sepanjang sejarah, bahkan melampaui 1.660 dollar AS per troy ounce. Kecemasan akan ekonomi global kian memuncak sehingga mendongkrak tingkat permintaan emas sebagai safe haven.

Sebaliknya, investor mulai meninggalkan pasar saham dan menyebabkan Wall Street, kemarin malam, mengalami penurunan dengan periode paling lama sejak 2008. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan indeks adalah data negatif anggaran belanja konsumen AS yang secara tidak terduga mengalami penurunan.

"AS mengalami kontraksi ekonomi yang cukup lumayan. Hal itu akan mendorong The Federal Reserve untuk kembali menggelontorkan program quantitative easing 3 (QE3). Semua alasan untuk membeli emas muncul di hadapan investor," jelas Frank McGhee, Head Dealer Integrated Brokerage Services LLC di Chicago.

Catatan saja, kontrak harga emas untuk pengantaran Desember naik 22,80 dollar AS atau 1,4 persen menjadi 1.644,50 dollar AS per troy ounce pada pukul 13.45 waktu New York di Comex New York. Harga emas sempat bertengger di posisi 1.661,90 dollar AS.

Tidak hanya itu, harga emas juga terbang ke level tertinggi sepanjang sejarah dalam mata uang euro, poundsterling, dan dollar Kanada setelah indeks manufaktur AS, Eropa, dan China pada Juli lalu mengalami penurunan. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com