Menghitung Zakat Fitrah - Kompas.com

Menghitung Zakat Fitrah

Kompas.com - 05/08/2011, 19:01 WIB

Tanya: Besarnya zakat fitrah berapa? Nyumbangnya ke mana? (Merry - Jakarta)

Jawab: Perintah menunaikan zakat fitrah terdapat dalam hadis. Dari Ibnu Abbas RA, "Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perbuatan yang sia-sia dan yang kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barang siapa yang mengeluarkannya sebelum (selesai) shalat id, maka itu adalah zakat yang diterima (oleh Allah); dan siapa saja yang mengeluarkannya sesuai shalat id, maka itu adalah sedekah biasa (bukan zakat fitrah)." (Hasan: Shahihul Ibnu Majah).

Berdasarkan hadis tersebut, zakat fitrah dikeluarkan oleh siapa pun, baik laki-laki maupun perempuan, baik orang dewasa atau anak-anak. Besar zakat fitrah disebutkan dalam hadis berikut:

"Rasulullah SAW telah memfardukan (mewajibkan) zakat fitrah satu sha’ tamar atau satu sha’ gandum atas hamba sahaya, orang merdeka, baik laki-laki maupun perempuan, baik kecil maupun tua dari kalangan kaum Muslimin; dan beliau menyuruh agar itu dikeluarkan sebelum masyarakat pergi ke tempat shalat Idul Fitri." (HR Bukhori Muslim).

Di Indonesia pembayaran 1 sha’ zakat fitrah disepakati setara dengan 2,5 kilogram beras. Jika harga beras perkilogram adalah Rp7.500, maka harga 2,5 kg beras adalah Rp 18.750.

Ibu Merry dapat menyalurkan zakat langsung ke tetangga dekat atau menyalurkannya melalui lembaga amil zakat.

(Rumah Zakat)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorLaksono Hari W
    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM