Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tumbuh, Regional Melambat

Kompas.com - 06/08/2011, 02:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 persen hingga akhir triwulan II 2011 menempatkan Indonesia sebagai negara yang tetap bergerak lebih cepat di kawasan. Dibandingkan dengan Singapura, Indonesia masih mencatat pertumbuhan stabil di level 6,5 persen.

"Meskipun ada sedikit kejutan di pasar modal global, Indonesia tidak seperti negara-negara lain di Triwulan II. Singapura yang awalnya 9,5 persen pada Triwulan I turun 0,5 poin persentase menjadi 9 persen. Sementara Indonesia tetap tumbuh stabil," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Jumat (5/8/2011).

Menurut Hatta, pertumbuhan ekonomi terjadi karena konsumsi masyarakat tetap terjaga dan inflasi cukup baik. Atas dasar itu, pemerintah optimis pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun mencapai minimal 6,5 persen.

"Walaupun target dalam APBN 2011 adalah 6,4 persen. Itu karena ekspor akan terus meningkat, dan saya optimis bisa tembus 200 miliar dollar AS. Apalagi ekspor kita jauh lebih tinggi pertumbuhannya dibanding impor. Dalam satu triwulan impor kita sekitar 15 persen sementara ekspor sekitar 12 persen. Tetapi sekarang, ekspor kita 17 persen, sedangkan impor 15 persen," ujar Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com