Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapore Airlines Terbangi Singapura-Frankfurt-New York

Kompas.com - 22/09/2011, 16:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Singapore Airlines akan menerbangkan pesawat terbesar di dunia, dari jenis Airbus A380 pada rute Singapura - Frankfurt - New York mulai 15 Januari 2012. Frankfurt dan New York akan menjadi destinasi Singapore Airlines ke-9 dan ke-10 untuk menerima pesawat superjumbo tersebut.

New York juga akan menjadi kota kedua di Amerika Utara yang akan masuk dalam daftar tersebut. Pesawat A380 Singapore Airlines telah terbukti sangat populer di kalangan pelanggan, dengan tingkat isian yang tinggi pada tiap rute. Secara keseluruhan (systemwide), lebih dari 5,6 juta pelanggan Singapore Airlines telah diterbangkan dengan A380 sejak penerbangan perdana bulan Oktober 2007 menuju Sydney.            

Penerbangan harian Airbus A380 ini akan menggantikan layanan pesawat Boeing 747-400 yang saat ini beroperasi untuk penerbangan ke Bandara JFK New York melalui Frankfurt. Pergantian jenis pesawat ini akan meningkatan kapasitas kursi harian sebesar 25 persen.            

"Mulai dioperasikannya pesawat A380 untuk rute-rute Frankfurt dan New York merupakan tonggak sejarah lain bagi Singapore Airlines. Untuk rute menuju Amerika Serikat, para pelanggan kami akan dapat menikmati produk kabin terbaru pada semua rute, di samping memiliki layanan penerbangan pesawat A380 yang melayani pantai timur maupun pantai barat negara tersebut,"ujar Mak Swee Wah, Executive Vice President Commercial Singapore Airlines, Kamis (22/9/2011) dalam rilisnya.            

Pada pesawat A380, Singapore Airlines secara eksklusif menyediakan Kelas Suites. Tiap Suite menawarkan tingkat privasi yang tinggi dalam sebuah kabin eksklusif di angkasa, dilengkapi dengan pintu geser dan roller blinds yang dapat disesuaikan.

Masing-masing suite dilengkapi dengan kursi kulit mewah yang dapat disesuaikan secara penuh, dilapisi kain dari perancang dunia terkenal Poltrona Frau, serta tempat tidur berukuran penuh (full-sized).

Untuk hiburan, pelanggan dapat menikmati gambar sejernih kristal pada LCD monitor ramping 23-inci dengan resolusi tinggi, yang dipasang di setiap dinding Kelas Suite.            

Sementara itu Kelas Bisnis pesawat A380 Singapore Airlines juga memiliki kelas tersendiri. Dengan lebar 86 cm (34 inci), kursi Kelas Bisnis ini merupakan kursi paling luas di kelasnya dan setiap kursi memiliki akses langsung ke lorong. Setiap kursi juga dapat diubah menjadi tempat tidur yang luas dan nyaman dengan hanya menarik turun kursi bagian belakang.            

Untuk Kursi Kelas Ekonomi baru, Singapore Airlines menawarkan kenyamanan dan ruang gerak yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Kursi yang telah didesain secara ergonomis ini tidak hanya memaksimalkan ruang untuk lutut dan kaki namun juga menawarkan fitur-fitur cerdas lainnya seperti lampu baca yang menarik dan sandaran kepala yang dapat disesuaikan ketinggiannya dengan panel sisi.    

Untuk makanan, hidangan lezat selama penerbangan secara eksklusif disiapkan oleh koki-koki tingkat dunia seperti Suzanne Goin dari Amerika Serikat, Zhu Jun dari China dan Sam Leong dari Singapura, serta disajikan dengan peralatan makan yang didesain oleh Givenchy.            

Saat ini, Singapore Airlines memiliki 13 pesawat A380 yang tengah beroperasi dan 6 pesawat lain yang telah dipesan secara pasti (firm order)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com