Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Pilih Embraer atau Bombardier?

Kompas.com - 16/12/2011, 16:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Garuda untuk mendatangkan pesawat dengan kapasitas tempat duduk dibawah 100 kursi tampaknya akan segera terwujud. Menurut Direktur Keuangan Garuda, Elisa Lumbantoruan yang ditemui di sela-sela peresmian dua simulator baru Garuda, Jumat (16/12/2011), Garuda sudah menentukan pilihan untuk pesawat di bawah 100 kursi tersebut. “Sekarang sedang kita audit proses pemilihannya tersebut dan Senin besok (19/12/2011) sudah ada laporannya,” ujarnya.

Namun Elisa belum mau membocorkan, jenis pesawat apa yang sudah dipilih tersebut. Sebelumnya santer diberitakan Garuda sedang menimbang-nimbang pesawat buatan pabrik Embraer dari Brasil atau Bombardier dari Kanada. Pemilihan pesawat tersebut mempertimbangkan berbagai aspek termasuk aspek operasional dan bisnis.

Menurut Elisa pesawat-pesawat tersebut akan segera didatangkan dan dioperasikan pada sekitar bulan September-Oktober tahun depan. Dengan pesawat tersebut Garuda akan membidik rute-rute di daerah yang memiliki lapangan terbang dengan landasan pacu yang pendek.

Rencana Garuda tersebut hampir sama dengan rencana yang dibuat maskapai Sriwijaya Air. Sriwijaya bahkan sudah menentukan menggunakan pesawat Embraer E190 untuk menerbangi rute ke kota-kota kecil tersebut. Pesawat-pesawat Embarer Sriwijaya Air bahkan direncanakan akan datang pada Mei 2012. (Angkasa/Gatot R)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com