Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Dewan Komisioner OJK Mulai 30 Januari

Kompas.com - 25/01/2012, 16:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah resmi ditunjuk presiden, Panitia Seleksi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai bersiap membuka pengumuman seleksi anggota dewan komisioner. Menteri Keuangan Agus Martowardojo menerangkan, panitia seleksi sedang membahas persiapan publikasi rencana seleksi anggota dewan komisioner yang dimulai pada 30 Januari 2011 mendatang.

Menurut Agus, panitia seleksi sedang menyusun kriteria dan persyaratan bagi masyarakat yang bisa mendaftar sebagai calon anggota dewan komisioner. Sayangnya, Agus enggan membeberkan kriteria calon anggota dewan komisioner.

Berdasarkan pasal 15 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK menyebutkan syarat menjadi anggota dewan komisioner antara lain mempunyai pengalaman atau keahlian di sektor jasa keuangan, tidak pernah dinyatakan pailit atau tidak pernah menjadi pengurus perusahaan yang menyebabkan perusahaan tersebut pailit dan berusia paling tinggi 65 tahun.

Dengan pengumuman rekruitmen ini, Agus berharap banyak figur berkualitas yang mendaftar. "Jadi memang harus individunya yang mendaftar kemudian baru dilakukan seleksi," katanya Rabu (25/1/2012).

Catatan saja, pada akhir pekan lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menetapkan sembilan anggota panitia seleksi Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Sembilan anggota pansel ini adalah Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang bertindak sebagai Ketua tim pansel dan merangkap anggota. Anggota pansel yang mewakili Bank Indonesia adalah Gubernur BI Darmin Nasution dan Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah.

Anggota panitia seleksi yang berasal dari pemerintah adalah Direktur Jenderal Pajak Fuad Rachmany dan Wakil Menteri BUMN Mahmuddin Yasin. Sementara itu, ada empat anggota panitia seleksi yang mewakili pasar modal yakni Mas Ahmad Daniri (mantan Direktur BEI), yang mewakili perbankan Gunarni Suworo (Komisaris Bank Mandiri), mewakili industri non bank Ariyanti Suliyanto (Komisaris Wanaartha Life) dan yang mewakili pasar serta akademisi itu Chatib Basri.

Setelah menjaring nama yang masuk, panitia seleksi akan menyerahkan 21 nama calon anggota dewan komisioner pada 21 Maret 2012 nanti. Agus berharap pada 21 Juli mendatang sudah terbentuk Dewan Komisioner OJK. (Herlina KD/Kontan)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com