Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: "Brand" Sudah Ada, Esemka Butuh Perbaikan

Kompas.com - 25/01/2012, 17:16 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Joko Widodo menyebutkan, mobil Esemka hanya perlu perbaikan terus-menerus. Ini adalah salah satu cara meyakinkan pasar domestik untuk mau menggunakan mobil nasional karya sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan di Solo.

"Tunjukin dulu barangnya. Ini manajemen produk, kemudian bangun brand-nya," terang Joko kepada Kompas.com ketika ditanya bagaimana meyakinkan pasar domestik akan produk mobil nasional di DPR, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Pria yang kerap disapa Jokowi itu menyebutkan, merek Esemka pada produk mobil rakitan siswa SMK di Solo itu telah terbentuk. Dengan demikian, hal paling sulit dalam pemasaran, yakni membangun merek, telah dilakukan. Maka dari itu, dengan merek yang sudah terbentuk, langkah mobil Esemka untuk bisa diproduksi dan berkembang pun terbuka. Pesanan mobil ini juga sudah menumpuk dengan jumlah mencapai 5.000 unit.

"Itu antre 5.000 unit, artinya apa? Brand-nya sudah terbentuk, tinggal produknya diperbaiki terus," ujar dia.

Kini produksi mobil Esemka tinggal menunggu aliran dana investor untuk segera memulai produksinya. Jokowi mengatakan, Esemka akan berusaha agar lulus uji emisi di Kementerian Lingkungan Hidup. Mobil ini juga harus lolos uji kelayakan di Kementerian Perhubungan dan mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perindustrian.

"Kita ini ingin membangun image dan persepsi bahwa Indonesia ini mampu (memproduksi mobil nasional), itu saja. Oleh sebab itu kita ingin principal-nya asli kita," kata Jokowi yang juga menggunakan mobil Kiat Esemka sebagai mobil dinasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com