Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Bidik Rp 3 Triliun dari Corporate Sales

Kompas.com - 26/01/2012, 17:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini maskapai penerbangan Garuda Indonesia membidik pendapatan Rp 3 triliun dari kerja sama penjualan dengan korporasi lain (corporate sales). Tahun lalu pendapatan Garuda dari corporate sales mencapai Rp 1,5 triliun. Jumlah tersebut didapat dari sekitar 1.500 korporasi yang diajak bekerja sama.

Menurut Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Garuda Indonesia, M Arif Wibowo, kerja sama itu bentuknya bermacam-macam. Mulai dari penjualan tiket dengan harga khusus hingga kerja sama promosi bersama. "Misalnya 'Program Buy 1 Get 1 Free' yaitu pembelian satu tiket mendapat tambahan satu tiket lagi. Atau pemberian harga khusus bagi seluruh pemegang kartu kredit dan kartu debit sebuah bank," kata Arif di Jakarta, Kamis (26/1/2012).

Salah satu bank yang mendatangkan pendapatan besar bagi Garuda adalah Bank Mandiri. Dari kerja sama dengan bank tersebut, tahun lalu Garuda mendapat pemasukan Rp 600 miliar. “Tahun ini kami targetkan naik hingga menjadi Rp 1 triliun,” ujar Arief yang ditemui di sela-sela penandatanganan kerja sama Garuda Indonesia dengan Bank Mandiri.

Pendapatan Garuda Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada tahun 2011 Garuda berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 27,1 triliun. Angka ini meningkat 39 persen dibanding periode tahun 2010 yang sebesar Rp 19,5 triliun.

Peningkatan dicapai melalui ekspansi operasional perusahaan serta program efisiensi dan utilisasi aset. Selama 2011, penumpang yang diangkut Garuda sebanyak 17,1 juta. Frekuensi penerbangan menjadi 130.043 penerbangan dengan tingkat isian penumpang sebesar 74,7 persen dan tingkat ketepatan penerbangan (OTP) 85,68 persen. Sementara market share Garuda di pasar domestik tercatat 28,3 persen. (Angkasa/Gatot R)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com