Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Inflasi Januari Itu Biasa

Kompas.com - 01/02/2012, 15:39 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menilai inflasi pada bulan Januari itu tergolong hal yang biasa. Menurut dia, bulan Januari itu merupakan puncak paceklik. "Inflasi Januari ini biasa karena puncak paceklik. Ini siklus tahunan," ujar Hatta seusai mengadakan rapat koordinasi di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (1/2/2012).

Tetapi, ia memastikan, stok beras berada dalam kondisi cukup untuk melakukan intervensi, yakni dengan operasi pasar, kalau ada kenaikan harga beras. Perum Bulog, kata Hatta, akan mulai melakukan pembelian beras pada bulan Februari. Sedangkan bulan Maret diprediksi sudah mulai panen raya. "Inflasi akibat (harga) beras itu wajar karena siklus yang tinggi di musim paceklik," ucap Hatta, seraya menyebutkan bahwa pemerintah sedang membahas harga pokok pembelian untuk menjaga batas bawah harga beras.

Seperti diberitakan, Badan Pusat Statistik mengumumkan inflasi Januari 2012 sebesar 0,76 persen. Berdasarkan kelompok pengeluaran, bahan makanan memberikan andil inflasi tertinggi dengan 1,85 persen pada angka inflasi Januari 2012. "Penyebab inflasi tertinggi masih beras yang volatil. Andilnya 0,18 persen," sebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin, dalam konferensi pers, di Jakarta, Rabu (1/2/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com