Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Baru ke Eropa, Garuda Pantau Krisis

Kompas.com - 19/06/2012, 13:43 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, maskapai BUMN tersebut akan terus memantau krisis Eropa sebelum membuka rute penerbangan baru ke benua tersebut. Sejauh ini Garuda baru membuka rute penerbangan ke Amsterdam, Belanda.

"Itu kan nanti baru 2014. Sementara kita tunggu dulu aja. Jadi kita enggak ada (penambahan rute). Sementara stay put dululah, lihat krisis Eropa bagaimana," sebut Emirsyah kepada Kompas.com seusai menghadiri acara diskusi panel bersama sejumlah CEO yang diadakan oleh majalah Fortune Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/6/2012).

Emirsyah pernah menyebutkan bahwa Garuda Indonesia sedang menjajaki rute baru ke Eropa, seperti ke Belanda, Inggris, Jerman, Italia, dan Perancis. Tetapi, kata dia, sejauh ini maskapai masih akan memantau kondisi krisis Eropa untuk merealisasikan rute baru ke negara-negara itu. Tidak serta-merta ketika Garuda menyatakan minat maka rute akan langsung dibuka. "Kan kalau mau buka rutenya agak jauh, jadi kita enggak langsunglah," sambung dia. 

Garuda Indonesia sedang mengkaji rute penerbangan ke sejumlah negara di Eropa, yakni Belanda, Inggris, Jerman, Italia, dan Perancis. Rencananya, penerbangan ke Italia akan dimulai tahun 2014. Khusus untuk Italia, Garuda masih mempertimbangkan untuk memilih Roma atau Milan sebagai kota tujuan penerbangannya.

Penentuan kota itu akan dilihat berdasarkan permintaan pasarnya, yakni ke kota mana orang Indonesia lebih sering. "Dan, kita lihat orang Italia apakah dari Roma atau Milan yang banyak ke Indonesia," sebut Emirsyah, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jadi, kata dia, pembukaan rute ke sejumlah negara Eropa tidak akan langsung dibuka secara bersamaan. Pembukaan rute yang terdekat adalah ke London, Inggris. "Belum semua, bertahap. Italia bukan yang terdekat. Kedua adalah Inggris, kotanya London pasti," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com