Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ABM Investama Raih Kontrak 15 Juta Metrik Ton Batubara

Kompas.com - 17/07/2012, 13:52 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan energi terintegrasi dengan fokus di sumber daya, jasa, dan infrastruktur, PT ABM Investama Tbk, berhasil mengamankan kontrak jual beli dan pemasaran untuk jangka panjang dengan AVRA Commodities Pte Ltd (Avra Commodities).

Penandatanganan kontrak penjualan 15 juta metrik ton batubara untuk periode Juli 2012 hingga Juli 2017, dilakukan Reswara Minergi Hartama (Reswara), salah satu anak usaha ABM, yang bergerak di bisnis produksi batubara.

Melalui kontrak yang ditandatangani pada 13 Juli 2012 itu, Avra Commodities mendapatkan hak eksklusif untuk menjual dan memasarkan batubara termal dengan merek dagang TIA Compliant Coal (TCC) yang diproduksi oleh anak usaha Reswara, PT Tunas Inti Abadi (TIA) ke Thailand, Filipina, Taiwan, dan beberapa pembeli terpilih dari Republik Rakyat China (RRC).

Hingga kuartal kedua 2012, Reswara telah mengamankan penjualan batubara sebesar 3,5 juta ton metrik, atau sebesar lebih dari 80 persen target penjualan batubara di 2012, yaitu sebesar 5,5 juta ton metrik.

Dengan adanya kontrak ini, Avra Commodities, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan dagang komoditas multinasional dan bulk shipper Avra Asia Pte Ltd, akan memperluas eksistensinya di industri perdagangan batubara termal Indonesia.

"Di tengah kondisi saat ini yang penuh tantangan, kontrak baru ini merupakan wujud dari komitmen kami dalam mencapai target yang dijanjikan," kata Presiden Direktur ABM Investama Andi Djajanegara di Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Perjanjian jangka panjang ini akan membuahkan keuntungan bagi perusahaan, karena perseroan mendapatkan peluang untuk mengintegrasikan proses bisnis. Hal ini diharapkan akan menciptakan efisiensi biaya, serta kepastian akan kelangsungan bisnis jangka panjang. Terlebih lagi, perjanjian ini juga menunjukkan bahwa prospek batubara sebagai sumber energi masih sangat menjanjikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com