Tahun Depan, Kereta Api ke Bandara Soetta cuma Sejam dari Sudirman - Kompas.com

Tahun Depan, Kereta Api ke Bandara Soetta cuma Sejam dari Sudirman

Didik Purwanto
Kompas.com - 31/07/2012, 12:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan optimistis pembangunan kereta api bandara bisa selesai pada tahun depan. Untuk menuju bandara dengan melakukan kereta api dari stasiun Sudirman hanya butuh waktu sejam.

"Tapi ini bukan kereta ekspres. Ini cuma kereta ekonomi deluxe yang berhenti di setiap stasiun. Jarak tempuhnya sekitar 60 menit," kata Dahlan selepas melakukan Rapat Pimpinan di kantor Telkom Gatot Subroto Jakarta, Selasa (31/7/2012).

Dahlan menganggap, pembangunan kereta ekonomi ini lebih cepat dibanding pembangunan kereta ekspres. Di sisi lain, pembangunan kereta ekspres memerlukan dana yang besar.

Rencananya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memang akan membuat kereta api bandara dengan dua rute. Pertama, kereta biasa dengan Stasiun Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Duri-Grogol-Bojong Indah-Kalideres-Tanah Tinggi-Bandara Soekarno Hatta.

Sementara rute kedua yang rencananya akan memakai kereta ekspres akan melaju dari Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Duri-Angke-Pluit-Bandara Soekarno-Hatta. Namun ini akan melalui jalur model layang. "Tapi kalau soal pembebasan tanah, saya tidak mau ngomong," katanya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisDidik Purwanto
    EditorHeru Margianto
    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM