Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri APEC Ricuh Soal Produk Ramah Lingkungan

Kompas.com - 05/09/2012, 22:09 WIB
Pieter P Gero

Penulis

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com -  Pertemuan tingkat menteri anggota ekonomi forum kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (AMM-APEC) di Vladivostok, Rusia, hari Rabu (5/9/2012) membahas soal daftar produk ramah lingkungan yang pantas dijkenakan tarif masuk maksimal 5 persen atau tarif yang lebih rendah atau nol persen.

Anggota ekonomi APEC yang lebih maju menghendaki banyak produk yang masuk dalam perdagangan intra APEC.

Menurut Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Vladivostok, seperti dilaporkan wartawan Kompas Pieter P Gero. anggota ekonomi APEC yang lebih maju mengajukan sekitar 97 produk, kemudian turun menjadi 75 produk dan selanjutnya tinggal 20 produk.

Turunnya daftar yang masih ada ini setelah anggota ekonomi APEC yang kurang maju menegaskan tidak semua produk perlu masuk dalam produk ramah lingkungan dan diberlakukan tarif masuk maksimal 5 persen atau kurang.Sebab tidak semua industri di anggota APEC yang kurang maju itu bisa menghadapi produk ramah lingkungan dri anggota APEC yang lebih maju.

Menurut Gita, anggota APEC yang kurang maju tak mau begitu saja menerima tawaran daftar produk ramah lingkungan dari anggota APEC yang lebih maju, karena APEC forum yang tak mengikat, maka perluditetapkan kompromi.

Makanya hanya 20 daftar produk ramah lingkungan yang diterima, sekalipun jumlah ini masih bisa berubah. Kepastian soal daftar ini harus menunggu sampai hari Kamis (6/9/2012) ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com