Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Berpeluang ke Level 1.760 Dollar AS

Kompas.com - 10/09/2012, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas masih bisa terdongkrak naik ke target berikutnya di level 1.760 dollar AS selama harga bergerak di atas level support di 1.715 dollar AS pada perdagangan Senin  (10/9/2012) ini.

"Support tersebut juga merupakan area retracement 50 persen fibonacci antara 1.689-1.742. Resisten terdekat di 1.742," kata Head of Research and Analysis PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, dalam risetnya di Jakarta, Senin.

Sementara di bawah 1.715, menurut Ariston, harga akan cenderung melemah ke level support berikutnya di 1.700.

Menurut dia, ekspektasi dikeluarkannya stimulus pelonggaran kuantitatif tahap ketiga (QE3) oleh US Federal Reserve semakin meningkat setelah data US Non-Farm Payrolls (data penambahan pekerjaan di AS), yang dirilis Jumat pekan lalu (7/9/2012), melemah di bawah ekspektasi para ekonom yakni 96.000 berbanding 125.000.

Pekan ini banyak data atau agenda penting yang akan menjadi penentu arah pergerakan emas selanjutnya, yaitu keputusan Mahkamah Konsititusi Jerman mengenai aktivasi lembaga "bailout" permanen Eropa (ESM-European Stability Mechanism) pada 12 September dan keputusan rapat moneter US Federal Reserve di mana pasar akan menantikan apakah Fed akan mengeluarkan QE3 atau tidak pada 13 September mendatang.

"Berita negatif dari keduanya bisa membawa emas kembali melemah memasuki area 1.660-an, namun berita positif bisa membawa emas mendekati 1.800," ujar Ariston.

Sementara itu, emas berjangka melonjak tajam pada penutupan perdagangan Jumat (7/9/2012), sekaligus menggapai level tertinggi dalam lebih dari enam bulan terakhir. Penguatan itu menyusul data tenaga kerja AS yang mengecewakan sehingga membuka peluang untuk diluncurkannya stimulus ekonomi.

Logam lainnya mengikuti pergerakan positif emas, dengan tembaga dan perak mencatat kenaikan lebih dari 1 dollar AS per ounce, yang juga didukung oleh laporan mengenai rencana belanja infrastruktur di China.

Emas untuk pengiriman Desember menguat 34,90 dollar AS, atau 2,1 persen menjadi 1.740,50 dollar AS per troy ons di Comex, divisi dari New York Mercantile Exchange. Ini adalah level penutupan tertinggi bagi emas sejak akhir Februari.

Dalam sepekan, emas menguat 3,1 persen, yang merupakan penguatan dalam tiga pekan berurutan. Pada perdagangan Kamis (6/9/2012), emas menguat 0,7 persen setelah Presiden European Central Bank Mario Draghi menjabarkan rencana pembelian obligasi negara-negara zona euro yang terbelit utang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com