Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Lamban Urus Kematian WNI

Kompas.com - 14/09/2012, 11:15 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — Pemerintah dinilai lamban mengurus warga negara Indonesia di luar negeri. Hal itu terlihat dalam kasus kematian lima WNI yang ditembak polisi Malaysia, pekan lalu.

Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Johnny N Simanjuntak, mengatakan, empat di antara lima korban tewas pada Jumat (7/9/2012) dini hari. Sementara Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur baru menghubungi keluarga korban pada Kamis (13/9/2012).

"Keluarga baru ditanya soal korban setelah sepekan. Baru ditanya, belum sampai ke informasi kapan jenazah dipulangkan," kata Johnny, Jumat (14/9/2012) di Batam, Kepulauan Riau.

Sebagaimana diberitakan, Jony alias M Sin, Osnan, Hamid, dan Mahno ditembak polisi Malaysia di Ipoh, Negara Bagian Perak. Adapun Diden dikabarkan ditembak pada Senin malam. Selain Mahno, empat korban disebutkan berdomisili di Batam.

Johnny juga menyatakan terkejut dengan pernyataan keluarga korban. Keluarga sudah berusaha menghubungi KBRI Kuala Lumpur lewat telepon, tetapi tidak direspons sama sekali. "Pemerintah harus punya kebijakan tegas dan cepat untuk penanganan persoalan ini," ujarnya.

Apalagi, kata dia, penembakan itu bukan pertama kali terjadi. Dalam tujuh bulan terakhir, 11 WNI ditembak mati polisi Malaysia.

Berita selengkapnya dapat diikuti di topik "Malaysia Tembak Mati WNI di Perak"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com