Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Tertekan Keperkasaan Dollar AS

Kompas.com - 21/09/2012, 08:11 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Pergerakan harga emas pada perdagangan Kamis (20/9/2012) di New York terlihat menurun. Salah satu penyebabnya adalah dollar AS mencatatkan keperkasaan terbesar dalam tujuh pekan terakhir terhadap mayoritas mata uang utama dunia. Kondisi ini menyebabkan penurunan permintaan emas sebagai investasi alternatif.

Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 13.47 waktu London, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember turun 0,1 persen menjadi 1.770,20 dollar AS per troy ounce di Comex, New York. Harga emas tak banyak mencatatkan perubahan pada pekan ini.

Sebaliknya, keperkasaan dollar AS mencapai 0,5 persen dan menuju penguatan terbaik sejak 1 Agustus lalu. Penguatan si hijau terjadi setelah data menunjukkan terjadinya kontraksi ke level terendah dalam 39 bulan terakhir pada industri jasa dan tingkat produksi manufaktur Eropa pada September lalu.

"Dollar menekan harga emas. Kami melihat adanya pergerakan konsolidasi pada level saat ini," ungkap Frank McGhee, head dealer Integrated Brokerage Services LLC di Chicago. ( Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com