Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Pesona Kebudayaan Indonesia Berkumpul di Gedung Sate

Kompas.com - 02/10/2012, 17:56 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Ruas jalan Diponegoro yang terletak di depan Gedung Sate bakal menjadi ajang pameran kekayaan kebudayaan dari 20 provinsi di Indonesia. Mereka bakal tampil sebagai bagian dari acara Kemilau Nusantara yang digelar untuk ke sembilan kalinya di Bandung.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Nunung Sobari, peserta dari 20 provinsi itu sudah sesuai target awal panitia. Provinsi yang memastikan partisipasinya adalah Nangroe Aceh Darusalam, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat.

"Selain memamerkan seni budaya dari provinsi peserta, juga ada  lomba foto yang bisa diikuti," kata Nunung, Selasa (2/10/2012).

Pameran dalam Kemilau Nusantara dilakukan dalam bentuk pawai maupun produk unggulan dari masing-masing daerah, mulai dari makanan, kerajinan, informasi pariwisata.

Nunung berharap acara yang berlangsung dari Jumat hingga Minggu (7/10) itu bisa menjadi sarana hiburan yang sehat sekaligus mendidik bagi masyarakat. Pawai dilakukan pada Sabtu (6/10) tapi pameran digelar sejak tanggal 5-7 Oktober.

Dalam penyelenggaraan tahun lalu, Provinsi Jawa Timur keluar sebagai juara pertama yang menampilkan persembahan terbaik, diikuti Provinsi Papua kemudian Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com