Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naiknya Cadangan Devisa Ikut Jaga Rupiah

Kompas.com - 05/10/2012, 09:09 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi cadangan devisa bulan September tercatat sebesar 110,172 miliar dollar AS, naik 1,182 miliar dollar AS dari posisi bulan sebelumnya sebesar 108,990 miliar dollar AS. Hal ini ikut menjaga rupiah di level yang dinilai aman bagi perekonomian nasional. Tambahan devisa tersebut diantaranya berasal dari masuknya dana asing ke aset rupiah seperti SUN dan saham.

Dalam catatan Samuel Sekuritas Indonesia, selama bulan September, kepemilikan asing meningkat sebesar 1,8 miliar dollar AS, tetapi di saat yang sama kemungkinan juga terjadi pembayaran utang luar negeri. Menurut ekonom Lana Soelistianingsih, penerimaan netto dari neraca perdagangan kemungkinan tercatat surplus untuk bulan September tertolong dengan melemahnya impor. Walaupun di sisi ekspor tampaknya masih belum membaik karena harga komoditas utama ekspor Indonesia seperti CPO, batubara, dan karet masih turun di sepanjang bulan September tersebut.

"Posisi cadangan devisa yang meningkat ini membantu terjaganya rupiah dalam kisaran sekarang ini," kata Lana. Cadangan devisa itu digunakan untuk masuk ke pasar uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com