Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Gentong Haji Dipertahankan Warga

Kompas.com - 12/10/2012, 23:22 WIB

CIREBON, KOMPAS.com--Tradisi gentong haji di daerah Pantura terus dipertahankan oleh warga Cirebon karena budaya leluhur mereka dinilai bermanfaat.

Kebiasaan menyediakan air di dalam gentong bagi keluarga yang berangkat ke tanah suci, sudah berlangsung secara turun temurun, warga meminum air tersebut sambil mendoakan jemaah haji supaya sehat, selamat, dimudahkan menjalankan ibadahnya.

Kastinah, keluarga jemaah haji di Pamuragan Kabupaten Cirebon kepada wartawan di Cirebon, Jumat, mengatakan, budaya gentong haji terus dipertahankan oleh masyarakat Pantura Cirebon.

"Kami menyediakan air dalam gentong di depan rumah, untuk diminum siapapun yang melintas, harapan keluarga berkah dan dimudahkan menjalankan ibadah haji,"katanya.

Ia menjelaskan, tradisi gentong haji sudah berlangsung turun temurun. Mereka tidak mengetahui siapa yang memulainya, hanya bisa mempertahankan budaya tersebut.

Sementara itu Fadilah keluarga jemaah haji di Celancang Cirebon menuturkan, tradisi gentong haji masih tetap dilaksakan oleh warga setempat, kini dirinya menyediakan gentng tersebut untuk mencari berkah dari doa masyarakat yang sengaja minum airnya.

Budaya warisan Pantura, kata dia, harus dipertahankan karena tidak semua daerah memiliki kebiasaan tersebut. Tujuanya hanya mendoakan keluarga yang sedang menjalankan ibadah haji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com