Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panen, Harga Kedelai Turun di Jawa Tengah

Kompas.com - 25/10/2012, 15:06 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com- Panen kedelai di Kabupaten Demak, Grobogan, dan Kendal, Jawa Tengah, menyebabkan harga kedelai di tingkat petani turun. Data dari sejumlah petani kedelai di Jawa Tengah, Kamis (25/10/2012), menyebutkan, harga kedelai turun menjadi Rp 5.600 per kilogram dari sebelumnya Rp 6.200 per kilogram untuk kedelai lokal.

Petani kedelai di Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Sulthoni, mengemukakan, panen kedelai lokal per hektarnya bisa mencapai 1,2 ton. "Petani semula berharap harga kedelai di atas Rp 6.500 per kilogram supaya panen kedelai kali ini menguntungkan," ujar Sulthoni.

Petani lain di Kaliwungu, Kendal, Taryono menuturkan, petani kecewa dengan lambannya pemerintah menetapkan harga kedelai di pasaran. Dampaknya, setiap kali panen harga kedelai selalu rendah di tingkat petani.

Saat ini, biaya budidaya petani menanam kedelai sudah mahal. Biaya tanam kedelai Rp 13 juta per hektar. "Dengan biaya yang sudah mahal itu, idealnya harga patokan kedelai lokal setidaknya Rp 7.700 per kilogram agar petani tidak rugi," ujar petani Taryono.

Para petani itu memperkirakan, harga kedelai masih dapat turun lagi karena meluasnya panen kedelai di beberapa kabupaten menjelang musim tanam padi di akhir Oktober 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com