Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Karya IPO 19 Desember

Kompas.com - 08/11/2012, 18:51 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Waskita Karya Persero dipastikan akan melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia pada 19 Desember mendatang.

"Ya, Waskita Karya akan IPO 19 Desember 2012," kata Direktur Utama Bursa Efek Indonesia  (BEI) Ito Warsito di Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Sekadar catatan, Waskita Karya akan melepas saham ke publik sebesar 35 persen. Target dana yang diharapkan sekitar Rp 1 triliun.

Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Choliq menjelaskan, perseroan akan menggunakan laporan keuangan Juni 2012. Pihaknya juga mengharapkan rencana IPO tersebut bisa terlaksana pada Desember ini.

Komposisi penggunaan dana IPO adalah 48 persen untuk perbaikan modal dan 52 persen untuk pengembangan usaha. Termasuk dalam pengembangan usaha, antara lain, pembangunan jalan tol, properti, dan pabrik beton.

Ada tiga perusahaan efek yang telah ditunjuk perseroan sebagai penjamin pelaksana emisi IPO. Ketiganya adalah Mandiri Sekuritas, Bahana Securities, dan Danareksa Sekuritas.

Selain di dalam negeri, Waskita juga bakal menggelar roadshow terkait rencana IPO di luar negeri. Kota-kota yang menjadi incaran adalah Singapura, Hongkong, dan Kuala Lumpur.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menambahkan, pihaknya optimistis Waskita Karya bisa IPO di tahun ini. "Kalau BEI sudah ngomong begitu, ya saya percaya saja," tutur Dahlan singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com