Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Bisnis Pizza La Pazza

Kompas.com - 26/11/2012, 13:03 WIB

KOMPAS.com - Bisnis pizza kian semarak. Bisnis makanan asal Italia ini tak sepi dari pemain yang menawarkan waralaba atau kemitraan. Salah satunya adalah Pizza La Pazza asal Kalitan, Surakarta, Jawa Tengah.

Berdiri pada tahun 2012, usaha piza ini langsung menawarkan kemitraan. Saat ini, Pizza La Pazza telah memiliki 11 cabang yang berlokasi di Surakarta, Surabaya, dan Bali. Dari 11 cabang itu, satu di antaranya milik pusat dan 10 lainnya milik mitra.

"Sebagai pendatang baru, kami bisa bersaing dengan brand besar yang sudah menguasai pasar," klaim Derryl Mosses, Manager Marketing Pizza La Pazza.

Derryl mengklaim pizzanya diterima pasar karena membawa citarasa asli khas Italia. Di antaranya, menggunakan keju mozarella asli dan saus pizza Itali. Pizza La Pazza dibanderol mulai Rp 11.000 hingga Rp 20.000 per loyang. "Harga kami terjangkau dengan porsi yang cukup," ujarnya.

Dalam kerjasama ini, Pizza La Pazza menawarkan satu paket investasi senilai Rp 10 juta. Dengan biaya sebesar itu, mitra akan mendapatkan seluruh peralatan membuat pizza, booth, bahan baku awal untuk 100 pizza, dan panduan lengkap membuat pizza dalam bentuk kaset.

"Jadi, mitra tinggal mempelajari sendiri cara pembuatan dan mempraktikkan," ujar Derryl.

Mitra ditargetkan bisa meraup omzet Rp 18 juta per bulan dan laba bersih sekitar 20 persen atau Rp 3.500 per porsi. Mitra ditargetkan balik modal setelah tiga bulan beroperasi. Kemitraan ini tidak membatasi masa kerjasama dan tidak ada pungutan royalty fee.

Hanya saja, mitra wajib membeli bahan baku dari pusat, seperti roti pizza dengan diameter 16 cm, keju mozarella, pasta tomat, oregano, basil, dan packaging. Selebihnya bisa dibeli di luar.

Mitra juga bebas menentukan sendiri toping pizza berdasarkan selera masyarakat sekitar. "Kami juga mengajarkan mitra untuk membuat saus," kata Derryl. (Noverius Laoli/Kontan)

Baca juga:
Bisnis Pos yang Cocok Menjadi Usaha Sampingan
Empat Tips Kelola Bisnis Pemula ala Ciputra
Ssst... Bar Ini Bebas dari Alkohol!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com