Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Bakrie Siapkan Dana untuk Boyong BUMI

Kompas.com - 14/12/2012, 10:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keputusan rapat Dewan Direksi (BOD) Bumi Plc, Rabu (12/12/2012), menyerahkan kembali 29 persen saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) ke pelukan Grup Bakrie. Ini tentu menjadi kabar gembira bagi kelompok konglomerasi itu. Persoalannya kini, siapkah mereka mendanai aksi korporasinya itu?

Juru Bicara Grup Bakrie, Christopher Fong, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dana untuk membeli kembali 18,9 persen saham BUMI senilai 278,3 juta dollar AS dari tangan Bumi Plc. Sementara 10,3 persen saham BUMI lainnya akan ditukar dengan 23,8 persen saham Bumi Plc yang dimiliki Grup Bakrie.

"Dana sudah kami siapkan," ujar Chris, Kamis (13/12/2012). Namun, dia menolak memberitahukan dari mana asal dana itu karena terikat kerahasiaan perjanjian yang ketat. Grup Bakrie hanya akan menjelaskan kepada Bumi Plc saat transaksi itu berlangsung. Lebih lanjut, Chris mengatakan, Long Haul Holdings-lah yang akan mengeksekusi pembelian 18,9 persen saham BUMI dari Bumi Plc.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) menegaskan hanya membatasi keikutsertaannya dalam proposal Grup Bakrie ke Bumi Plc dalam persoalan tukar guling saham saja. Sementara untuk membeli 18,9 persen saham BUMI dan 84,7 persen saham PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU), mereka tidak ikut campur.

Sementara itu, Ian Middleton, Juru Bicara Nathaniel Rothschild, mengungkapkan kekecewaannya terhadap keputusan yang diambil oleh Dewan Direksi Bumi Plc, yang seolah-olah mengutamakan pemberian jalan keluar Grup Bakrie dari investasinya di Bumi Plc. "Mereka menghindari konsekuensi dari setiap penyelidikan yang dilakukan oleh regulator Inggris," ujar Ian, kemarin.

Pihak Nat, lanjut Ian, akan memberi catatan penting terkait Samin Tan dan Rosan Roeslani yang masih menjadi pemegang saham Bumi Plc. (Veri Nurhansyah Tragistina, Agustinus Beo Da Costa/Kontan)

 

Ikuti perkembangannya di topik Kisruh Bumi

Baca juga:
Tandingi Bakrie, Rothschild Gandeng Keluarga Prabowo?
Grup Bakrie: Nath Sebarkan Dokumen Palsu untuk Rusak Bumi Plc
Jaringan Telekomunikasi Grup Bakrie Disinyalir Dibajak
Kisruh BUMI, Samin Tan dan Bakrie Pecah Kongsi?
Indonesia Fokus Menuju Nomor 7 Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com