Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan: Bandara Kualanamu Lebih Baik daripada Bandara Shanghai

Kompas.com - 12/01/2013, 09:44 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan melakukan inspeksi mendadak ke Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Sabtu (12/1/2013). Dari hasil inspeksi tersebut, menurut Dahlan, Bandara Kualanamu lebih baik daripada Bandara Shanghai. Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi mengungkapkan, Dahlan melakukan inspeksi mendadak sejak pukul 06.00 WIB.

"Menurut saya, bandara ini sangat bagus dari sisi ketinggian bangunan, tata letak, dan lain-lain. Bahkan, menurut saya untuk toilet lebih bagus dari Bandara Shanghai," kata Dahlan saat inspeksi, di Medan, Sumatra Utara, Sabtu (12/1/2013). 

Namun, menurut Dahlan, bandara ini masih memiliki sejumlah kekurangan. Di antaranya adalah tempat keberangkatan penumpang, di mana atapnya masih tempias saat hujan disertai angin. "Tapi ini akan diusahakan untuk diperbaiki," tambahnya.

Untuk menara tower, bagian navigasi dan radar juga dinilai sudah berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan pengisian avtur pada pesawat. Dahlan menilai, untuk pengisiannya, mobil tangki Pertamina tidak perlu mendekat ke badan pesawat. "Jika bandara ini selesai, maka bisa mengalahkan Bandara Makassar, bahkan Jakarta dan Surabaya karena finishing-nya sangat bagus," kata Dahlan.

Bahkan, Dahlan juga mengecek kondisi toilet bagi wanita. Menurutnya, fasilitas ini tergolong yang sensitif karena toilet wanita dianggapnya perlu pelayanan lebih dibandingkan toilet pria.

"Wanita kan bawa kosmetik, peralatan kecantikan dan lainnya. Makanya saya cek benar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com