Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Beras Aman, Cabai Sedikit Terganggu

Kompas.com - 16/01/2013, 14:36 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan stok pangan, khususnya beras, dalam kondisi cuaca ekstrem saat ini masih aman. Hanya stok cabai yang diperkirakan akan sedikit terganggu.

Kondisi hujan yang terjadi terus-menerus ini menyebabkan kondisi transportasi menjadi tidak lancar. Namun, pemerintah tetap mengantisipasi dengan menempatkan beras di gudang Bulog secara penuh.

"Jadi, tidak ada gangguan terhadap bahan pangan pokok (beras) kita. Stok aman," kata Hatta di Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Menurut Hatta, berdasarkan laporan Bulog saat ini, stok beras sampai saat ini masih aman. Hingga akhir tahun 2012 lalu, stok beras masih 2 juta ton.

Namun, Hatta meminta kementerian terkait apabila stok bahan pokok masyarakat sudah mulai terganggu, intervensi apa pun bisa dilakukan, misalnya satu daerah kekurangan bahan pokok tertentu karena masalah angkutan. "Apa pun akan kita lakukan untuk bisa menyalurkan bahan pokok tersebut," tambahnya.

Terkait kondisi stok cabai, Hatta mengatakan, dengan kondisi musim hujan yang terus-menerus ini, hal itu bisa mengganggu kondisi cabai di Tanah Air. Namun, Hatta meyakinkan stok cabai hingga saat ini masih aman.

"Menurut laporan, kemungkinan cabai (akan terganggu) karena musim hujan. Tapi, ini tidak terlalu terganggu. Cukup aman," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com