Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Juga Pelamar yang Langsung Diterima Kerja

Kompas.com - 17/01/2013, 22:33 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Ternyata sudah ada pengunjung Kompas Karier Fair (KKF) 2013 di Bandung yang sudah diterima kerja, yakni di perusahaan Trans Studio Mall, Bandung. Pernyataan itu terlontar dari HRD Trans Studio Mall, Ridha RL, saat ditemui Kompas.com seusai helaran acara, di gedung Landmark Braga, Bandung, Kamis (17/1/2013).

"Iya, sudah ada pelamar yang kami terima sebagai pekerja," kata Ridha, Kamis, (17/1/2013).

Ridha enggan menyebutkan nama-nama pelamar kerja yang sudah diterima sebagai karyawan itu. "Itu rahasia dong, yang penting mereka itu sudah lolos interview. Kami tidak mau membukanya dulu, biar jadi surprise untuk mereka," katanya.

Berbeda dengan kebanyakan perusahaan peserta KKF, Trans Studio Mall melakukan psikotes dan wawancara langsung kepada para pelamar yang datang. Menurutnya, cara ini paling efektif untuk mencari pekerja.

"Kita lakukan wawancara langsung di lokasi, ini adalah cara efektif menurut kami," katanya.

Ia menjelaskan, pelamar yang sudah diterima kerja itu memenuhi kriteria yang dibutuhkan, mulai dari pendidikan, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), usia, pengalaman, tinggi badan, dan keriteria lainnya.

Selain yang sudah diterima, lanjut Ridha, ada juga pelamar yang sedang dipertimbangkan diterima atau tidaknya melalui berbagai macam proses, untuk nantinya ditempatkan di berbagai macam posisi.

"Ada banyak pekerja yang kami butuhkan, saat ini sedang dipertimbangkan," katanya.

Ridha menyebutkan, akan mengabarkan kepada pelamar yang sudah diterima kerja dalam waktu dekat. "Ya, mungkin antara satu minggu hingga satu bulan ke depan kami kabarkan," katanya.

Sementara, perusahaan perbankan, seperti Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA) dan bank lainnya, serta perusahaan Kompas Gramedia mengambil langkah mengumpulkan pelamar terlebih dahulu. Kemudian nanti yang masuk kualifikasi akan dipanggil untuk diwawancara dan dites.

"Dari proses lamaran hingga penetuan kerja, mungkin bisa memakan satu bulan lebih, kami perlu mempertimbangkan, menyeleksi dan menganalisa dulu lebih mendalam," kata Anggie, HRD Bank Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com