Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setgab Sepakat Dukung Agus Marto

Kompas.com - 05/03/2013, 18:42 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretariat Gabungan (Setgab) sepakat mendukung Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia. Kesepakatan ini dicapai setelah partai-partai politik melakukan rapat pada Senin (4/3/2013) malam di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

"Kalau hasil keputusan Gubernur Bank Indonesia, kami menyepakati Agus Martowardojo," ujar Ketua Fraksi PPP Hasrul Azwar di Kompleks Parlemen, Selasa (5/3/2013).

Agus merupakan calon tunggal gubernur Bank Indonesia yang diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu.

Pencalonan Agus sebagai gubernur BI harus lebih dulu melalui uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi XI DPR. Setelah itu, Komisi XI akan memilih apakah Agus layak atau tidak memimpin BI.

Setgab merupakan koalisi yang terdiri dari partai-partai pendukung pemerintah, yakni Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Amanat Nasional.

Malam ini rencananya Komisi XI akan melakukan rapat internal untuk mendengarkan pandangan fraksi terkait layak atau tidaknya Agus untuk melanjutkan proses uji kelayakan dan kepatutan.

Meski sudah menjadi kesepakatan Setgab, Partai Amanat Nasional belum menentukan pilihan. Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy mengatakan fraksinya baru akan menentukan pilihan setelah mendengar Agus presentasi.

"Bagi kami, kalau ternyata Agus tetap bersifat elitis,  enggak akan kami pilih," ucap Tjatur.

Ikuti proses pemilihan gubernur Bank Indonesia dalam topik pilihan "Calon Gubernur BI"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com