Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Kedelai Naik Tipis

Kompas.com - 06/03/2013, 15:36 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Produksi kedelai nasional tahun 2012 naik tipis 0,04 persen. Peningkatan terutama terjadi di kawasan Jawa. Di luar Pulau Jawa, produksi justru mengalami penurunan.

Pemerintah diminta segera menetapkan harga pembelian pemerintah untuk komoditas kedelai agar petani lebih bergairah dalam menanam kedelai.

Berdasarkan angka sementara Badan Pusat Statistik, produksi kedelai tahun 2012 tercatat 851.650 ton biji kering. Kenaikannya sebesar 36.000 ton yang sebagian besar ditopang oleh produksi di Pulau Jawa. Di luar Jawa justru turun 29.160 ton.

"Di Kawasan Jawa, daerah-daerah yang mengalami peningkatan produksi adalah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, sementara penurunan terbesar terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Utara," papar Kepala BPS Suryamin, di Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Menurut dia, peningkatan produksi lebih disebabkan faktor produktivitas, yang naik 9,65 persen menjadi 1,32 kuintal per hektar. Dari sisi luas panen terjadi penurunan 54.380 hektar atau sekitar 8,7 persen. Penurunan luas panen ini mengindikasikan penurunan minat masyarakat dalam menanam kedelai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com