Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus Marto Siap Adu Argumen dengan PPATK-BPK

Kompas.com - 06/03/2013, 17:49 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Agus Martowardojo yang saat ini dicalonkan sebagai gubernur Bank Indonesia (BI) mengaku siap bila harus beradu argumen dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Selama saya kerja di bidang keuangan, saya sangat menjaga integritas dan profesionalisme. Bahwa nanti ada narasumber yang diundang, saya senang sekali," kata Agus saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Agus juga mengaku siap untuk ditanya lebih lanjut, mulai dari soal pekerjaan, rekam jejak (track record), hingga pengalaman kerja. Pihaknya akan melakukan penjelasan dalam uji kelayakan dan kepatutan tersebut selama diminta oleh DPR ataupun pihak yang berwenang (PPATK dan BPK).

"Karena dalam fit and proper test tersebut semua aspek akan dikaji Komisi XI dan itu suatu kesempatan untuk menjelaskan," katanya.

Saat ini, Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih terus mengkaji pencalonan Agus Martowardojo sebagai gubernur Bank Indonesia, termasuk kaitannya dengan kasus korupsi Proyek Hambalang. Mereka berencana memanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan BPK untuk meminta keterangan terkait hal itu.

Komisi XI DPR akan menanyakan apakah BPK sudah memberikan ruang kepada Agus Marto untuk menanggapi audit tersebut. Dalam audit investigatif tahap I BPK terhadap proyek olahraga Hambalang disebutkan, Agus Marto lalai karena menyetujui anggaran proyek meski tidak ditandatangani Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. Kontrak tahun jamak ini pun diindikasikan BPK telah merugikan negara sebesar Rp 243,66 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com