Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Takut Bekerja di Jakarta

Kompas.com - 28/03/2013, 14:54 WIB
Farid Assifa

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com — Ada fenomena menarik di Kompas Karier Fair di gedung Syalendra Hotel Sanjaja, Kota Palembang. Ada sebagian jobseekers yang berterus terang takut bekerja di Jakarta. Makanya, ketika mendatangi stan perusahaan, hal pertama yang ditanyakan adalah lokasi pekerjaan.

Fenomena eperti itu terjadi di stan Kompas Gramedia. Talent Management Officer CHR Kompas Gramedia, Eva Juliana, mengatakan, sebagian besar jobseekers Palembang takut bekerja di Jakarta karena enggan jauh dari orangtua.

"Mereka tidak mau jauh dari orangtua. Inginnya bekerja di Palembang. Karakter jobseekers seperti itu banyak juga," kata Eva kepada Kompas.com, Kamis (28/3/2013).

Namun demikian, lanjut Eva, pihaknya tetap memotivasi para jobseekers agar tidak takut bekerja di luar kota. Eva pun memberikan beberapa penjelasan kepada mereka tentang peluang bagus bekerja di Jakarta. Salah satunya dengan meyakinkan mereka bahwa bekerja di Jakarta peluang kariernya lebih banyak dan bagus daripada di daerah.

"Daripada di daerah sendiri tidak bekerja, lebih baik mencari peluang lebih besar di Jakarta," katanya.

Seperti di Kompas Gramedia sendiri, Eva menyebutkan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia ini menawarkan banyak lowongan kerja. Di Kompas Karier Fair Palembang saja, jumlah lowongan yang ditawarkan mencapai 100 posisi. Para jobseekers bisa melamar banyak posisi berbeda.

"Jobseekers bisa melamar tidak hanya satu pekerjaan, tapi banyak. Tinggal perbanyak saja membuat lamaran dan CV (curriculum vitae) saja," katanya

Saat diwawancara, Eva sedang menerima salah satu jobseekers yang melampirkan berkas lamaran lebih dari satu eksemplar. "Nah seperti ini, posisi yang dilamar banyak, padahal cuma satu pelamar," katanya lantas menunjuk tumpukan berkas lamaran milik satu jobseekers.

Di Kompas Gramedia, tiap jobseekers yang melamar akan mendapatkan suvenir berupa majalah yang dibungkus dalam tas cantik berwarna biru. "Ini suvenir untuk pelamar. Sekalian juga branding Kompas Gramedia," ucap Eva.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com