Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Kompensasi Kenaikan Harga BBM

Kompas.com - 23/04/2013, 15:08 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengatakan, ada tiga jenis kompensasi yang akan diberikan pemerintah kepada masyarakat atas risiko rencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Apa saja?

"Program perluasan perlindungan sosial mendukung program pengurangan subsidi BBM bagi masyarakat mampu. Kita bertumpu pada tiga komponen untuk kompensasi," kata Agung saat ditemui di kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Agung menjelaskan, ketiga kompensasi tersebut adalah, pertama, pemerintah akan memperbanyak jumlah pemberian beras bagi masyarakat miskin (raskin).

Kedua, cakupan pemberian Bantuan Siswa Miskin (BSM) akan diperluas, demikian juga dengan indeks unit cost-nya. Khusus untuk BSM, jumlah penerimanya akan meningkat dari 9 juta siswa menjadi 15,5 juta siswa. Jumlah tersebut mencapai 28 persen dari total siswa yang ada.

Ketiga, Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditujukan kepada masyarakat yang sangat-sangat miskin, tetapi masih memiliki anak sekolah. "Nantinya pemberian kompensasi ini akan diperluas dan dipercepat, ada penambahan empat bulan, sehingga pemberian kompensasi ini akan sampai ke bulan ke-16," tambahnya.

Terkait pelaksanaannya, Agung belum bisa memastikan. Namun sampai saat ini, stok beras miskin yang ada saat ini mencapai 2,4 juta ton. Jumlah tersebut masih sesuai dengan yang ada di anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2013.

"Tapi kalau ada kelebihan-kelebihan akan dibahas di APBN perubahan. Soalnya kan di APBN hanya sampai 12 bulan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com