Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Akan Umumkan Peserta "Branchless Banking"

Kompas.com - 07/05/2013, 10:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak bank rupanya berminat menjalankan proyek bank tanpa cabang atau branchless banking. Rencananya, Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan bank mana saja yang akan berpartisipasi pada proyek ini, tanggal 15 Mei nanti.

BI pernah menyatakan bahwa sudah ada 10-15 bank yang sudah melakukan komunikasi intensif. Kategori banknya pun bervariasi mulai dari bank besar, bank pembangunan daerah (BPD), hingga bank syariah.

Meski begitu, saat ini Asisten Gubernur BI Mulya Siregar mengaku bahwa baru ada satu bank yang sudah berpartisipasi, yakni Bank Sinar Harapan Bali. Ini merupakan bank patungan antara PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Pos Indonesia, dan PT Taspen.

Mulya menyebut bank lain belum menyatakan kepastiannya untuk ikut dalam program uji coba bank tanpa cabang tersebut. Saat ini, mereka masih dalam proses pembahasan dengan bank-bank tersebut. Namun, pihak BI ternyata tak memiliki batas waktu yang akan diberikan bagi bank-bank tersebut. "Tergantung mereka. Kalau mau segera, masukkan pengajuannya," ucap Mulya.

Nantinya, uji coba bank tanpa cabang ini akan dilakukan serentak di 8 wilayah di seluruh Indonesia. Wilayah-wilayah tersebut yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. Setiap bank akan mendapat proyek bank tanpa kantor cabang paling banyak di 2 provinsi dan paling banyak 3 kecamatan. (Annisa Aninditya Wibawa/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com