Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk ke-25 Kali, Pelabuhan Singapura Terbaik se-Asia

Kompas.com - 13/05/2013, 02:43 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Pelabuhan Singapura memperkokoh posisinya sebagai pelabuhan terbaik di Asia. Untuk ke-25 kali, Asian Freight and Supply Chain Awards (AFSCA) memahkotai pelabuhan Singapura sebagai yang terbaik di Asia.

ACFA menyebutkan 5 kriteria yang melatari penilaiannya. Kelima kriteria itu adalah biaya yang kompetitif, pelayanan yang efisien dan memuaskan terhadap kapal kontainer, infrastruktur yang memadai, investasi jangka panjang untuk meningkatkan kualitas pelabuhan demi memenuhi kepentingan jangka panjang, serta logistik yang berkualitas.

Menurut ACFA, kelima indikator tersebut terpenuhi di Pelabuhan Singapura dan sangat memuaskan para pemeriksa ACFA.

Chief Eksekutif Otoritas Pelabuhan dan Maritim Singapura, Lam Yi Young, menuturkan, Singapura merasa tersanjung dan terhormat dengan penghargaan ini. "Sekali lagi kami menjadi yang terbaik, ini merupakan kehormatan, ini merupakan bukti kepercayaan komunitas internasional terhadap kualitas dari pelabuhan kami," ujar dia.

Lam menegaskan, Singapura berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan menempatkan diri menjadi pusat transit dan maritim internasional. Negara pelabuhan ini memecahkan catatan rekor persinggahan kontainer dengan mencatatkan lebih dari 30 juta kontainer singgah. Pelabuhan ini pun mencatatkan rekor disinggahi kapal bunker, dengan total volume mencapai 42,7 juta ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com