Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Ini Janji Bisa Jual Daging Rp 70.000 Per Kg

Kompas.com - 13/05/2013, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) berjanji bisa mengupayakan harga daging di kisaran Rp 70.000 per kilogram dari saat ini di posisi Rp 90.000 per Kg.

Direktur Utama Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Ismed Hasan Putro, menyatakan, pihaknya telah memiliki sinergi bisnis dengan perusahaan di Australia, yang memungkinkan harga daging bisa dijual dengan harga fair. Akan tetapi, sebagai BUMN, RNI selama ini tidak diberi kesempatan oleh Kementerian Pertanian untuk ikut serta dalam impor daging sapi.

"Kami pernah menawarkan untuk membantu agar harga daging stabil, tapi diberi tahu bahwa kuota di Kementan sudah habis," ujarnya kepada Kompas.com Senin (13/5/2013).

Menurut Ismed, jika harga daging sapi tidak segera stabil, dimungkinkan pada saat puasa dan Lebaran harga komoditas tersebut bisa tembus Rp 100.000 per kg. Jika ini yang terjadi, tentunya akan sangat memberatkan masyarakat.

"Untuk itu, sudah waktunya pemerintah memberikan kuota impor daging bagi BUMN, dan tidak seperti saat ini yang sistemnya sangat monopolistis, hanya dikuasai perusahaan-perusahaan tertentu," lanjutnya.

Selain RNI, nantinya juga ada BUMN lain yang bisa memberi dukungan dalam stabilisasi harga daging sapi, yaitu Bulog dan PT Berdikari. Ismed menuturkan, tiga perusahaan itu siap untuk menekan harga daging sapi hingga di bawah Rp 70.000 per kg.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com